Kenapa sulit sekali mencari pengasuh? Berdasarkan hasil pengamatan, pengalaman, dan wawancara dengan para mama yang memiliki bayi atau balita, Viera Adella, MPsi, psikolog yang juga ibu dari dua anak ini menyimpulkan ada beberapa faktor penyebab sulitnya mencari pengasuh anak saat ini. 1. Kesediaan tenaga. 2. Peran yang dimainkan. 3. Kemampuan dan keterampil an. 4. Kepercayaan/keyakinan diri si pengasuh.

Baca juga : kursus bahasa Jerman di Jakarta

Terkait kesediaan waktu dan tenaga, kita pasti sepakat kalau tidak selamanya pe ngasuh mudah ditemukan. Ada masa dimana supply para pengasuh akan begitu banyak. Contoh, setelah Lebaran atau tahun baru. Sementara, ada masa para pe ngasuh pulang kampung secara bersamaan di momen tertentu, misalnya mendekati Lebaran atau harihari besar lainnya. Kesulitan mencari pengasuh juga terkait dengan ketidakcocok an peran yang diharapkan ibu pada pengasuh dan peran yang sebenarnya pengasuh harapkan. Rentang peran yang dimainkan pengasuh, lanjut psikolog yang akrab disapa Della ini, memang bervariasi.

Ada pengasuh yang hanya diberi peran minimum, seperti menolong menyiapkan perangkat sebelum dan sesudah bayi mandi, membuatkan susu, dan seba gainya, sementara peran besar tetap diambil ibu. Ada pula pe ngasuh yang diberi peran lebih besar karena sehari an si ibu tidak ada di rumah. Nah, adanya perbedaan peran tersebut akan membuat perbedaan tuntutan terhadap kualitas kemampuan pengasuh. Jadi, tutur Della, banyak kondisi ketidakcocokan yang juga disebabkan oleh si ibu yang merasa pengasuh tidak “mumpuni” dalam memainkan peran mereka. Sebaliknya pe ngasuh pun bisa frustrasi karena tidak dapat memenuhi tuntutan peran yang diberikan padanya.

Bukan disengaja, namun dikarenakan ketidakmampuan atau terbatasnya ke terampilan mereka. Hal tak kalah penting yang menyebabkan ketidakcocokan mama pada pengasuhnya adalah sosok pribadi si pengasuh. Profi l-profi l pribadi pengasuh yang pede, biasanya akan lebih aktif dan kreatif mencari jalan keluar saat mereka menghadapi kesulitan mendadak, mendesak, dan di luar dari kebiasaan. Sebaliknya, profi l pribadi yang canggung atau tidak peduli (masa bodoh), sering kali membuat mama mengeluh karena cende rung mengabaikan hal-hal yang seharusnya diselesaikan ketika mereka tidak ada di rumah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *