Pernahkah anda merasa kesakitan dan kesulitan makan karena sariawan pada lidah? Untuk mengetahui penyebab sariawan di lidah dan pengobatannya, simak artikel berikut ini

Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Sistem kekebalan tubuh yang lemah juga bisa menjadi penyebab sariawan di lidah. Hal ini karena ketika daya tahan tubuh kita sedang turun, maka jamur dan kuman akan tumbuh dengan cepat di dalam rongga mulut. Kekebalan tubuh yang lemah ini bisa disebabkan beberapa hal, diantaranya kekurangan vitamin, perubahan hormonal, faktor stress, maupun akibat penyakit flu dan pilek.

Bakteri dan virus

Salah satu penyebab sariawan di lidah lainnya adalah bakteri Helicobacter pylori (H Pylori). Bateri ini juga menjadi penyebab gangguan asam lambung dan maag. Jika asam lambung sudah naik, maka bakteri H pylori bisa sampai ke rongga mulut hingga menyebabkan sariawan.

Cara Mudah Mengobati Sariawan Di Lidah

Sariawan bisa diobati sendiri dengan perawatan sederhana yang dilakukan di rumah. Berikut beberapa pengobatan sariawan secara alami

• Membersihkan luka dengan berkumur menggunakan larutan garam hangat

• Meminum madu murni atau mengoleskannya ke area lidah yang terkena sariawan

• Mengkonsumsi buah kaya vitamin A, B, C

• Menghindari makanan penyebab sariawan seperti makanan panas, pedas, serta makanan keras saat terkena sariawan

• Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Nah demikian penjelasan singkat tentang penyebab sariawan di lidah dan cara pengobatannya. Agar terbebas dari sariawan, selalu jaga kesehatan mulut dengan rajin menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur sebanyak 2 kali sehari ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *