mengarah ke perpanjangan masa jabatan Badrodin. ”Presiden masih lebih berat ke opsi itu.” Ada kemungkinan, kata dia, perpanjangan dilakukan selama enam bulan sambil menyiapkan kandidat lain. Lewat skenario ini, muncul nama Wakil Kepala Badan Intelijen Polri Inspektur Jenderal Lutfi Lubihanto sebagai kandidat pengganti Badrodin. Mantan Kapolda Jambi ini, menurut sumber tersebut, masuk radar lantaran punya sejarah dengan Jokowi.

Dia menjabat Kepala Kepolisian Kota Surakarta ketika Jokowi menjadi wali kota. Lulusan Akademi Kepolisian 1984 yang ahli di bidang intelijen itu berpeluang naik menjadi bintang tiga sekaligus masuk bursa kandidat Kepala Polri ketika Komisaris Jenderal Noer Ali pensiun pada Oktober mendatang. Opsi kedua adalah memilih Kapolri baru menggantikan Badrodin. Nama yang mencuat di Istana adalah Budi Waseso.

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal ini dianggap orang yang tepat sebagai bagian kompromi Jokowi terhadap PDI Perjuangan atas penolakannya terhadap Budi Gunawan. ”Di antara kandidat yang ada, dia yang paling bisa diterima PDI Perjuangan,” ucapnya. Lutfi Lubihanto belum bisa dimintai komentar soal ini. Budi Waseso sebelumnya menolak memberi keterangan soal nama yang masuk bursa calon Kapolri.

”No comment soal itu,” katanya. Menteri Sekretaris Negara Pratikno tak ingin berpolemik mengenai opsi perpanjangan masa dinas Badrodin dan pemilihan Kepala Polri baru. ”Belum, belum. Nanti,” tuturnya. Sebaliknya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung memberi sinyal bahwa Jokowi bakal segera membuat keputusan.

”Tunggu sampai Presiden mengumumkan,” ujarnya. Sikap sejumlah perwira tinggi markas polisi yang berada di Jalan Trunojoyo I juga mulai terbelah karena ada yang mendukung dan menolak perpanjangan ini.

Anggota Komisi Kepolisian Nasional, Bekto Suprapto, mengaku sudah menyampaikan secara langsung kepada Badrodin Haiti dan Budi Gunawan agar institusi Polri tidak ikut-ikutan gaduh. ”Jangan sampai ribut,” kata Bekto, Rabu pekan lalu, menirukan ucapannya kepada dua jenderal itu. ”Apa pun pilihan Presiden nanti, itu orang yang dipercaya beliau.”

Website : kota-bunga.net

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *