Peluang Rumah Vaksin – Membidik Keluarga Menengah

Meski baru berjalan dua tahun, Rumah Vaksinasi sudah memiliki 14 cabang. Ini membuktikan, kebutuhan layanan imunisasi dan vaksinasi sangat tinggi, terutama untuk masyarakat kalangan menengah. Dari sisi bisnis, bukti ini sekaligus memunculkan peluang. Saat ini jumlah penduduk Indonesia sudah mencapai 255 juta jiwa. Kalau komposisi masyarakat kelas menengahnya sama dengan pada tahun 2013, yakni 56,7 %, maka masyarakat kelas ini mencapai jumlah hampir 145 juta jiwa. Kelompok masyarakat ini telah memiliki tingkat kesadaran hidup sehat yang tinggi.

Sumber : Jasa Seo Semarang

Termasuk untuk urusan imunisasi atau vaksinasi. Namun, mereka masih mencari pusat layanan kesehatan yang “ramah kocek” dengan tingkat pelayanan cukup bagus. Mereka inilah yang kemudian melahirkan peluang usaha di bidang layanan imunisasi atau vaksinasi. Mereka pula yang kemudian menjadi target ketika Dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) mendirikan Rumah Vaksinasi di Jl. Raya Inpres, Kramatjati, Jakarta Timur, pada Maret 2012. Misi utama Rumah Vaksinasi memang bukan mencari keuntungan, tetapi memberi layanan imunisasi dan vaksinasi yang murah.

Kehadirannya ternyata mendapat respons positif dari masyarakat. Melalui social media dan informasi dari mulut ke mulut, pusat layanan ini dengan cepat dikenal luas. Tak heran kalau kurang dari satu tahun, Rumah Vaksinasi sudah memiliki satu cabang di Cibubur. Kini di seluruh Pulau Jawa sudah berdiri 15 Rumah Vaksinasi. Untuk semua pusat layanan imunisasi dan vaksinasi itu, setiap bulannya rata-rata didistribusikan sekitar 1.000 unit vaksin. Menurut Dr. Ahmad Tawakkal, General Manager Rumah Vaksinasi, dengan omzet sebanyak itu, Rumah Vaksinasi sudah bisa mendapat keuntungan.”Kami tidak mematok harga terlalu tinggi.

Karena, misi utama kami bukan untuk profit, melainkan memberi pelayanan kesehatan ke masyarakat dalam wujud imunisasi yang murah. Karena itu, keuntungan kami tidak terlalu besar,” jelas Dr. Ahmad tanpa mau menyebut nilai keuntungannya. Sekadar informasi, tarif vaksinasi di Rumah Vaksinasi berkisar pada Rp 150.000 (tetanus, campak, BCG) hingga Rp 900.000 (imunisasi kanker mulut rahim). “Kalau di-compare dengan tarif di rumah sakit besar, tarif tersebut jelas lebih murah,” ujarnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *