Mode atau fashion telah menjadi bagian yang sangat penting dalam hidup. Fashion mampu menciptakan dan memberikan suasana hati yang menyenangkan dari selembar kain dan juga warna. Ingin jadi bagian dari dunia mode? Kamu tentunya harus belajar di Perancis.

Negara Perancis terkenal dengan sekolah mode yang terbaik di dunia. Jadi jika kamu ingin mengetahui tentang seni fashion disinilah tempatnya, seperti dikutip dari website Westwork.id.

Ada tiga cabang mode yang bisa dipelajari di Perancis yaitu mass market dimana pakaian merupakan standar dan lebih banyak digunakan.

Prêt-à-porter yaitu pakaian yang siap digunakan dimana dibuat untuk banyak orang tetapi jumlah sedikit. Jenis yang kedua ini memberikan kesan eksklusif dan kualitas tinggi. 

Cabang ketiga adalah Haute couture yaitu pakaian yang dibuat dengan kualitas terbaik sesuai dengan pesanan konsumen. Tentu saja kualitasnya melibatkan material yang mahal dan membutuhkan waktu lebih lama. Namun hasilnya sangat menakjubkan. Masih banyak materi tentang mode lainnya yang dapat dipelajari di Perancis nantinya. 

 

Sekolah Mode di Perancis yang Terbaik

 

Perancis telah memiliki kekayaan akan fashion sejak abad ke 17 dimana King Louis XIV memerintah.

Banyak orang mengagumi gaya yang dimilikinya, sehingga ia pun membuka trading tekstil. Inilah awal mula Perancis akhirnya berkembang di dunia mode hingga saat ini. Perkembangan tentunya diikuti dengan sekolah mode khusus yang dibuka. 

Hingga saat ini ada puluhan universitas yang menyediakan jurusan mode untuk dipilih. Mana saja yang terbaik? Kamu bisa memilihnya berikut ini. 

Institut français de la mode

Sekolah di Paris ini merupakan perguruan tinggi dengan ujian masuk tergolong cukup sulit. Bagi kamu yang ingin masuk harus melewati ujian masuk lisan dengan topik yang disediakan oleh universitas. Ketika berhasil masuk, ada dua jurusan yang bisa dipilih yaiu desain dan manajemen.

urusan desain dibagi lagi menjadi program studi yaitu pakain, aksesoris dan juga image. Sedangkan manajemen memiliki program studi produksi, komunikasi dan juga merchandiser. 

 ESMOD

 

Memiliki kepanjangan École supérieure des arts et techniques de la mode menduduki peringkat kedua. Telah berkecimpung dalam bisnis fashion sejak tahun 1841 dan terdapat 20 program yang mengcover 9 spesialis dalam dunia fashion.

Ada 10 program yang menarik untuk dipilih seperti perhiasan, kosmetik, aksesoris, tas dan juga home decor. Esmod memiliki fokus menjadi pemimpin dunia fashion di dunia sehingga menganggap pendidikan sangatlah penting.

Saat ini Esmod telah memiliki 20 sekolah yang tersebar di 13 negara dan lima diantaranya di perancis yaitu Paris, Lyon, Bordeaux, Rennes dan Roubaix. 

ENSAD

 

Sekolah di Paris ini menawarkan kurikulum yang unik dan menawarkan karir terbaik setelah lulus. Satu hal yang unik adalah berbagai kurikulum yang diajarkan kepada mahasiswa di tahun pertama.

Tujuannya adalah agar mahasiswa memiliki sepuluh kemampuan termasuk tekstil, desain material, desain pakaian, menggambar, membuat foto dan video.

Sebagai keahlian, mahasiswa akan mendapatkan 20 teknik dalam workshop dengan bahan seperti kayu, besi, mesin untuk membuat rajutan, dll. 

ESAA – École Duperré

 

Merupakan sekolah mode negeri yang tidak hanya mempelajari fashion tetapi juga kesenian. Merupakan sekolah yang memberikan pendidikan fashion khususnya membordir, tenun, dan membuat permadani hingga keramik.

Telah dibangun sejak tahun 1864 oleh Élisa Lemonnier. Setiap tahunnya hanya menerima 500 mahasiswa saja dan setelah lulus mereka akan mendapatkan gelar sarjana hingga master. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *